Kapolda Banten Akan Segera Usut Tuntas Tambang Ilegal

0
69

Lensa-Naga.com-Tangerang-Kapolda Banten yang baru, Irjen Pol Agung Sabar Santoso berjanji akan mengusut tuntas tambang ilegal dan penebangan liar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang berada di wilayah hukum Polda Banten.

Penanganan keberadaan penambangan liar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kabupaten Lebak, masuk kedalam penanganan prioritas Polda Banten.

Hal itu dikatakan Agung seusai prosesi serah terima jabatan (sartijab) Kapolda Banten dari sebelumnya dijabat oleh Irjenpol Tomsi Tohir kepada Irjenpol Agung Sabar Santoro, Rabu (8/1/2020).

‘Hal itu sesuai intruksi Presiden RI Joko Widodo saat meninjau langsung kejadian bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak pada Selasa (7/1/2020) kemaren yang diduga karena disebabkan oleh adanya aktivitas penambangan liar di TNGHS dan telah merugikan warga, hal itu segera mungkin dilakukan,” ujar Irjenpol Agung Sabar Santoso

Yang sebelumnyapun, Presiden Jokowi telah mengintruksikan kepada Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya untuk segera menghentikan aktivitas tambang di TNGHS, karena diduga menjadi salah satu faktor penyebab banjir yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Lebak.

Pada saat kunjungan Presiden menegaskan, tidak ada toleransi lagi bagi aktivitas tambang emas liar di TNGHS, karena dianggap merugikan masyarakat.

“Itu menjadi prioritas saya untuk bagaimana penanganannya,” tegas Agung.

Menurutnya, pihaknya siap bahu membahu dengan seluruh steakhokder dalam menangani penambangan liar di TNGHS, seraya meminta kepada wartawan untuk bisa turut membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar.

” Jika terbukti ada pelanggaran, kita tidak segan-segan untuk memprosesnya,” pungkasnya (red/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here